Begini Tips Perawatan Laptop Agar Tetap Awet


Memiliki barang yang canggih dan berguna bagi kehidupan sehari-hari memang begitu menyenangkan. Termasuk laptop yang saat ini telah banyak orang yang memilikinya. Namun tentunya Anda tidak ingin jika laptop tersebut menjadi rusak karena perawatanntya yang tidak benar. Berikut ini ada beberapa tips perawatan laptop agar tetap awet.

Begini Tips Perawatan Laptop Agar Tetap Awet


Jangan Letakkan Laptop Di Atas Kasur

Menggunakan laptop di dalam kamar terutama di atas kasur memang terasa nyaman. Selain badan dapat beristirahat, Anda juga dapat menggunakannya sambil tidur. Namun tahukah Anda jika menggunakan laptop di atas kasur adalah salah. Dikarenakan adanya debu yang dapat masuk ke dalam laptop sehingga dapat membuat laptop menjadi panas karena udara pembuagan tidak lancar.

Jangan Hidupkan Laptop Saat Pengisian

Sering kita menjumpai beberapa orang memilih untuk menggunakan laptop saat kondisi pengisian baterai berlangsung. Hal ini tidak benar karena daya baterai yang masuk saat pengisian tidak maksimal karena secara bersamaan digunakan. Hal ini juga dapat mengurangi daya kapasitas dari baterai tersebut atau jika digunakan dalam jangka waktu yang panjang baterai akan cepat habis.


Jangan Memainkan Game Secara Berlebihan

Game menjadi hiburan yang dipilih jika Anda memiliki laptop. Namun perlu Anda ketahui jika memainkan game secara terus menerus tanpa adanya batas dapat menjadikan laptop tidak awet. Hal ini sering kali dijumpai oleh beberapa orang yang dapat memainkan game pada laptop lebih dari dua sampai tiga jam dalam kondisi pengisian baterai. Hal ini jelas salah dan menjadikan laptop mudah rusak.

Menutup Laptop Berulang-Ulang Saat Menyala

Tips perawatan laptop selanjutnya adalah jangan menutup laptop yang dalam kondisi menyala secara terus menerus. Hal ini juga berpengaruh kepada kondisi laptop yang dapat menurun. Jika laptop masih memproses atau bekerja dalam sebuah pekerjaan berat, namun Anda segera menutupnya secara terus menerus membuat daya tahan laptop bermasalah.

Menghindari Penggunaan Laptop Di Suhu Yang Panas

Kemudian Anda perlu memperhatikan jika memainkan laptop pada suhu yang panas akan mendapatkan masalah pada kondisi laptop. Meskipun Anda sedang menikmati minuman dingin di suhu yang panas, di sisi lain laptop masih menyala secara terus menerus akan menjadikannya panas. Secara bersamaan Anda harus memasang kipas yang khusus untuk laptop sehingga menjaga suhu laptop terkendali.

Membersihkan Keyboard Dengan Alat

Keyboard pada laptop sangatlah penting untuk menunjang penggunaan dari laptop itu sendiri. Namun jika keyboard terjadi kerusakan, tentunya pekerjaan akan terasa sulit. Hal ini dapat dicegah dengan membersihkan keyboard seminggu dua kali. Anda dapat membersihkan keyboard laptop dengan menggunakan alat penyedot debu mini sehingga segala debu yang terdapat dibawah keyboar hilang.

Membersihkan Laptop Menyeluruh Secara Rutin

Dan hal terakhir yang perlu dilakukan adalah membersihkan laptop secara menyeluruh dan tentunya rutin. Hal ini sangat di anjurkan dilakukan setiap hari ketika Anda akan membuka laptop Anda untuk menggunakannya. Lakukan pembersihan mulai dari menyedot debu pada keyboat, membersihkan layar lcd dengan kain dan lain sebagainya.

Dan itulah beberapa tips perawatan laptop agar tetap awet bagi Anda yang memiliki laptop. Jika beberapa hal di atas tadi Anda gunakan sebaik mungkin, maka dapat dipastikan daya tahan laptop stabil atau tidak mudah rusak. Dan sebaliknya jika hal-hal tersebut tidak Anda lakukan maka potensi kerusakan pada laptop akan besar atau malah lebih fatal daripada hal tersebut.

Belum ada Komentar untuk "Begini Tips Perawatan Laptop Agar Tetap Awet"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel