Ini Daftar Peran Teknologi Informasi Dalam Dunia Pemasaran
Berbicara tentang
teknologi, tak bisa dipungkiri jika saat ini perkembangan teknologi sangat
pesat sekali. Hal tersebut tentunya membawa banyak manfaat salah satunya yaitu
pada bidang bisnis. Digital marketing atau
internet marketing (cyber marketing, electronic marketing) pun saat ini menjadi
pilihan baru berbisnis dengan memanfaatkan internet. Lalu apa saja peran teknologi informasi dalam dunia pemasaran? Kita simak ulasan berikut ya!
Meningkatkan Eksistenti Perusahaan
Peran
teknologi informasi dalam bidang pemasaran memang sangat penting sekali.
Utamanya yaitu untuk meningkatkan eksistensi suatu perusahaan atau suatu badan
usaha. Jaman sekarang sebuah perusaahaan tidak akan mampu memasarkan produk
secara maksimal dan akan kalah saing jika tidak ditunjang dengan adanya
perkembangan teknologi.
Nah, dalam kegaitan pemasaran teknologi tersebut akan berperan dalam
merencanakan, menentukan
harga, serta kaitannya dengan mempromosikan, dan mendistribusikan barang dan
jasa kepada kelompok pembeli.
Alat Untuk Mempermudah Proses Pemasaran
Dengan semakin pesatnya
perkembangan teknologi yang saat ini, yang ditunjang dengan sudah terkoneksi
dengan jaringan internet secara global, hal ini memberikan peluang yang sangat
baik dalam pemasaran produk atau jasa.
Baca juga : Nikmati Layanan Digital Marketing
Dalam bidang jasa,
adanya jaringan internet serta fitur web
yang menarik ini merupakan salah satu alat promosi yang baik. Bukan hanya itu,
promosi melalui digital marketing juga terbilang murah.
Jadi, pada prinsipnya peran teknologi informasi dalam bidang pemasaran yaitu sebagai alat untuk mempermudah proses. Namun dibalik
hal tersebut strategi pemasaran dan juga SDM tetap menjadi kunci utama
keberhasilan dari suatu usaha ya.
Fungsi Operasional
Pemanfaatan teknologi
atau Digital marketing akan membuat struktur organisasi pada suatu perusahaan
menjdi lebih ramping. Hal tersebut dapat terjadi karena sifat penggunaan dari
teknologi informasi yang menyeluruh di seluruh fungsi organisasi.
Dalam hal ini, maka
unit terkait dengan manajemen teknologi informasi akan bertindak sebagai
supporting agency yang pada teknologi informasi dianggap sebagai sebuah firm
infrastructure.
Berperan Sebagai Monitoring Dan Control
Teknologi informasi
dalam pemasaran memiliki fungsi yaitu Monitoring and Control. Maksudnya yaitu
teknologi informasi tersebut keberadanya akan sangat terkait dengan aktivitas
pada level manajerial embedded di dalam setiap fungsi manajer.
Sehingga agar dapat
terjalinya interaksi yang efektif antara manajer di perusahaan tertait, maka
struktur organisasi unit yang terkait dengan manajerial embedded harus dapat
memiliki span of control atau peer relationship.
Fungsi Planning and Decision
Digital marketing atau
teknologi informasi dalam pemasaran memilki peran sebagai enabler dari rencana bisnis perusahaan. Bukan
hanya itu, teknologi informasi juga
berperan sebagai knowledge generator bagi para pimpinan perusahaan.
Knowledge generator tersebut
diperlukukan pimpinan perusahaan ketika
dihadapkan pada realitas untuk mengambil
sejumlah keputusan penting pada aktivitas sehari-hari. Karena fungsi dari
teknologi informasi yang strategis tersebut, bahkan tidak jarang perusahaan
yang menempatkan unit teknologi informasi sebagai bagian dari fungsi
perencanaan.
Fungsi Communication
Pada era organisasi
modern, teknologi secara prinsip termasuk ke dalam firm infrastructure. Hal ini
terjadi karena pada masa ini teknologi informasi mengambil posisi sebagai media individu perusahaan
dalam berkomunikasi, berkolaborasi, berkooperasi, dan berinteraksi.
Fungsi Interorganisational
Dalam berbisnis,
perusahaan memiliki peran untuk
melakukan kolaborasi atau menjalin kemitraan dengan sejumlah perusahaan
lain.
Konsep kemitraan
strategis atau partnerships berbasis teknologi informasi seperti pada
implementasi Supply Chain Management tentu akan menggerakkan perusahaan untuk
melakukan sejumlah terobosan penting untuk mendesain struktur organisasi unit
teknologi informasinya.
Demi kelancaran suatu
bisnis, bahkan suatu perusahaan tak jarang yang cenderung melakukan kegiatan pengalihdayaan
atau outsourcing sejumlah proses bisnis terkait dengan manajemen teknologi
informasinya ke pihak lain.
Belum ada Komentar untuk "Ini Daftar Peran Teknologi Informasi Dalam Dunia Pemasaran"
Posting Komentar